Internet Sebagai Sarana Penunjang Usaha
- Internet - 
Electronic Commerce (EC) aplikasi pemroresan pesanan secara online 
- 
Electronic data interchange (EDI) untuk mengirim dokumen bisnis dan keamanan sistrm pembayaran 
- 
Electronic Funds Transfer (EFT) sistem pembayaran transaksi 
 
- 
- 
Sistem informasi manajemen sebagai keunggulan bersaing suatu usaha keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan pengungkit (elverage) di dalam pasar 
- 
Rantai Nilai Porter - 
primary activities - 
pengumpulan logistik/ inbound logistic/ raw material - mendapatkan bahan mentah dan persediaan lainnya dan menyuplai
 
- 
operations mengubah barang baku menjadi barang jadi 
- 
penyebaran logistic/ outbond logistics transportasi dan distribusi produk kepada pelanggan 
- 
marketing and sales mengetahui kebutuhan pelanggan dan menerima pesanan 
- 
service untuk memeilihara hubungan baik dengan para pelanggan setelah transaksi jual-beli 
 
- 
- 
support activities - 
firm infrastructure penyusunan organisasi yang mempengaruhi semua aktivitas pokok 
- 
human resource management seluruh aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan pegawai perusahaan 
- 
technology development semua aktivitas yang melibatkan teknologi 
- 
procurement berhubungan dengan pengadaan sumber saya seperti amterial dan mesin 
- 
margin nilai produk atau jasa perusahaan dikurangi dengan biaya produksi dan margin 
 
- 
  
- 
- 
Konsep E-commerce - 
penggunaan internet dan jaringan lainnya untuk melakukan kegiatan pembelian, penjualan, mengirim, dan memperdagangkan  
- 
Model bisnis e-commerce - B2B(business to business): dijual lagi (perusahaan ke perusahaan)
- B2C (business to consumers)
- C2C (consumer to consumer)
- C2B (consumer to business)
- government/ public administration
- drop shipping
- white labelling
- wholesaling and warehousing
- subscription e-commerce
- private labelling and manufacturing
 
- 
Klasifikasi Model Bisnis digital sistem e commerce atau bisnis digital mengubah interaksi yang terbentuk dari bisnis konvensional menjadi bisnis berbasis teknologi - perantara (brokerage)
- periklanan (advertising)
- pemberi info (infomerdiary)
- merchant
- direct model
- afiliasi
- komunitas
 
- 
Revenue model bisnis e-commerce - penjualan (sales)
- komisi berbasis transasksi (transaction fees)
- pendapatan berbasis lisensi (licensing fees)
- subscription fees
- pendapatan berbasis iklan (advertising fees)
- pendapatan lain-lain
 
 
- 
- 
Hambatan Teknologi informasi yang harus diwaspadai - kurangnya tingkat keamanan dalamt ransasksi secara online
- ketidakpastian hukum
- kurangnya kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang dijual secara online
- ketidaksesuaian teknologi yang digunakan dengan jenis bisnis yang dijalankan
- kurangnya literasi teknologi yang dimiliki oleh manajer dan pegawai
- mahalnya biaya pengembangan dan pemeliharaan sistem teknologi
 
 
 
 
 
 
 
Post a Comment